Kawasaki 500 Meguro K2 lahir setelah Kawasaki dan Meguro membentuk aliansi bisnis pada tahun 1960. Mesinnya berasal dari Stamina K1, Parallel Twin dengan kapasitas mesin yang sama yang diluncurkan oleh Meguro pada tahun 1960.
Berkat desain ulang oleh Kawasaki Aircraft Co, Ltd, Kawasaki 500 Meguro K2 kehilangan 16 kg, dari 210 kg menjadi 194 kg, meskipun daya tahannya jauh lebih baik dibandingkan dengan Stamina K1.
Kecepatan maksimumnya juga meningkat dari 145 km/jam menjadi 165 km/jam. Model ini menjadi dasar untuk 650-W1 yang dikembangkan kemudian dengan perbaikan lebih lanjut.
Teknologi canggih Meguro Manufacturing, termasuk desain rangka pipa dan teknik manufakturnya, digunakan dalam produksi 650-W1, yang kemudian memiliki pengaruh besar pada sepeda motor Kawasaki berkapasitas besar di kemudian hari.
---
Dari semua pasar ekspor, Amerika adalah yang paling penting. Kawasaki telah masuk ke pasar AS dengan 125B8, tetapi untuk mengatasi pasar sepeda motor besar Amerika, mereka mulai menyiapkan versi K2 dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Lubang mesin 496 cc ditingkatkan 8 mm, sehingga kapasitas mesin menjadi 624 cc.
Model prototipe dengan kapasitas mesin yang lebh besar dipamerkan di Tokyo Motor Show ke-12 pada tahun 1965.
Sementara itu di Pabrik Akashi Kawasaki, produksi massal W1 baru sudah berlangsung, dengan unit-unit baru diluncurkan dan disusun dengan rapi, siap untuk dijual.
Dibandingkan dengan kecepatan tertinggi K2 165 km/jam, W1 dapat melampaui 180 km/jam, dan dalam 0-400m, ia mencatat waktu 13,8 detik.
Dipilih dengan mempertimbangkan pasar Amerika, tangki bahan bakar —yang sering dianggap sebagai pusat perhatian sepeda motor— diwarnai merah permen yang cemerlang dan dilengkapi dengan potongan krom berkualitas tinggi.
Desain baru ini merupakan pernyataan yang berani, sangat kontras dengan warna kalem sepeda motor Jepang lainnya.
Sepeda motor ini diperkenalkan dan mendapat sambutan meriah di berbagai acara di seluruh Amerika pada bulan Februari 1966, dengan pesanan yang mengalir deras bahkan sebelum penjualan dimulai. Dengan W1, Kawasaki memperoleh pengakuan dunia sebagai produsen sepeda motor besar.
---
Untuk memenuhi kebutuhan pasar Amerika Utara yang luas, Kawasaki mengembangkan dua model variasi. W1SS menampilkan stiker kotak-kotak bertema bendera balap di penutup sampingnya, knalpot pendek yang menghasilkan suara letupan knalpot yang keras, dan spatbor pendek yang sporty.
Untuk itu, W2SS menambahkan karburator kembar dan katup masuk yang lebih besar, ø38 mm (ditingkatkan 2 mm), yang menghasilkan tenaga dari 47 PS pada 6.500 menit -1 menjadi 53 PS pada 7.000 menit -1 .
---