Ini Upaya Pemkab Ciamis untuk Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2025
Ilustrasi upaya Pemkab Ciamis untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).-Fatkhur Rizqi/Radartasik.id-
CIAMIS, RADARCIAMIS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) CIAMIS menargetkan indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2025 meningkat menjadi 72,73.
Angka 72,73 yang ditargetkan Pemkab Ciamis dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.
Salah satu upaya Pemkab Ciamis untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia tahun 2025 yaitu dengan mendorong program yang dapat berpengaruh pada peningkatan IPM.
Hal itu disampaikan Kabid PPEPD - Bapedda Ciamis Tigin Ary Ginanjar, Senin 30 Desember 2024.
Kepada Radartasik.id, Tigin Ary Ginanjar mengatakan target IPM tembus angka 72,73 dapat dicapai dengan dorongan bersama.
BACA JUGA:Ini Branding yang Cocok untuk Ciamis Menurut Dedi Mulyadi, Langsung Disampaikan ke Herdiat Sunarya
Pihaknya akan melakukan intervensi program yang berpengaruh pada peningkatan IPM.
Tigin mencontohkan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan IPM yaitu kerja sama dengan lembaga pendidikan agar rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah bisa mengalami peningkatan.
Dia menyampaikan rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, angka harapan hidup, dan pengeluaran perkapita termasuk ke dalam komponen yang berpengaruh pada peningkatan IPM.
Dalam 3 tahun terakhir, IPM Kabupaten Ciamis terus mengalami peningkatan. Pada 2022, IPM mencapai 71,45.
Pada 2023 mencapai 72,05, sedangkan tahun 2024 menginjak angka 72,56. Pada RKPD 2025, Pemkab Ciamis memasang target IPM naik menjadi 72,73.
BACA JUGA:Kantor Desa Cigayam Ciamis Didemo Warga, Penyebabnya BLT Dana Desa Belum Disalurkan
UID Ciamis dorong peningkatan IPM dengan cetak sarjana
UID Ciamis telah menggelar wisuda pertamanya setelah bertransformasi dari Institut Agama Islam Darussalam (IAID) menjadi Universitas Islam Darussalam (UID).
Pada wisuda pertamanya itu, UID mencetak 400 wisudawan yang berasal dari berbagai program studi (prodi).
Sumber: